}); });

Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus

penyakit lupus

 Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus(resepcarasehat) - Arti penyakit lupus di ambil dari kata lupus yang didalam bhs latin bermakna anjing rimba(hutan), arti ini dipakai dikarenakan biasanya pasien penyakit ini pada mempunyai ruam merah yang berupa kupu-kupu ( butterfly rash ) di pipi yang sama pada pipi serigala, namun berwarna putih. Penyakit ini mulai dikenal lebih kurang satu abad lantas, penyakit lupus dikira mematikan apalagi disetarakan dengan penyakit kanker dikarenakan didalam banyak masalah pasien penyakit lupus banyak yang tidak tertolong, ditemukan kian lebih 100 ribu masalah baru berlangsung tiap-tiap tahunnya serta sekarang ini pasien penyakit lupus didunia tercatat sudah melebihi 5 juta orang.

Didalam ilmu kedokteran penyakit lupus dikenal sebagai systemic lupus erythematosus ( sle ) atau sebagai penyakit dengan kekebalan tubuh terlalu berlebih ( autoimmune disease ), didalam ilmu immunologi perihal kekebalan tubuh, penyakit lupus adalah merupakan kebalikan  penyakit kanker serta aids yang dikarenakan oleh hiv dikarenakan pada pasien penyakit lupus ini jaringan didalam tubuh dikira benda asing. Rangsangan dari jaringan tersebut dapat menyebabkan reaksi sistem imunitas serta membentuk antibodi yang terlalu berlebih, di mana antibodi yang berperan menyerang sumber penyakit yang dapat masuk didalam tubuh justru dapat menyerang beberapa sel jaringan organ tubuh yang sehat pada beragam sistem organ tubuh layaknya jaringan otot,ginjal,kulit, tulang,sistem saraf,paru-paru, sistem kardiovaskuler ,hati, sistem pencernaan, serta mata dan otak, ataupun pembuluh darah serta beberapa sel darah, kelainan inilah dimaksud autoimunitas di mana antibodi yang sangat berlebihan  ini, akan masuk ke seluruh jaringan dengan dua langkah yakni :

  1. Antibodi bisa menyerang segera pada jaringan sel tubuh, layaknya pada beberapa sel darah merah serta menghancurkan selnya
  2. Antibodi bisa berhimpun dengan antigen ( zat perangsang pembentukan antibodi ) serta membentuk ikatan kompleks imun yang dapat bersirkulasi didalam darah sampai selanjutnya paduan antibodi serta antigen tersangkut pada pembuluh darah kapiler dapat menyebabkan peradangan. Didalam situasi normal beberapa sel radang ( fagosit ) bisa membatasi kompleks imun ini tetapi didalam situasi abnormal, kompleks imun ini tidak bisa dibatasi dengan baik dikarenakan peradangan pada beberapa sel makin jadi tambah serta mengeluarkan mengeluarkan enzim hingga menyebabkan peradangan di lebih kurang kompleks yang selanjutnya sistem peradangan dapat berkelanjutan serta dapat mengakibatkan kerusakan organ tubuh serta mengganggu manfaatnya.
Type Penyakit Lupus :
  •  Cutaneus Lupus : kerapkali dimaksud discoid yang merubah kulit.
  •  Systemic Lupus Erythematosus ( SLE ) yang menyerang organ tubuh layaknya kulit, persendian, paru-paru, darah, pembuluh darah, jantung, ginjal, hati, otak, serta syaraf.
  • Drug Induced Lupus( DIL ), timbul dikarenakan memakai obat-obatan spesifik. sesudah penggunaan dihentikan, biasanya tanda-tanda dapat hilang.

Penyebab Penyakit Lupus :

Sampai sekarang ini beberapa peneliti didalam bidang dermatologi tetap meneliti selanjutnya perihal penyebab penyakit lupus, siapa saja bisa menderita penyakit ini tidak dibatasi oleh umur serta type kelamin, berbentuk genetik tetapi menurut perkiraan beberapa ilmuwan bahwa hormon wanita ( hormon estrogen ) barangkali ada hubungannya dengan penyebab penyakit lupus dikarenakan dari fakta yang ada diketahui bahwa 9 dari 10 orang pasien penyakit lupus yaitu wanita, sebagian factor yang bisa menyebabkan penyakit lupus :
  • Lingkungan
  • Infeksi
  • Tuturan cahaya matahari
  • Stres
  • Obat-obatan tertentu

Tanda-tanda Penyakit Lupus ( ciri ciri penyakit lupus )
Tanda-tanda awal yang umumnya nampak pada pasien penyakit ini yaitu ada perbedaan kulit, berbentuk kemerahan di sekitaran hidung serta pipi. bercak-bercak merah juga ada  dibagian muka serta lengan, panas serta rasa capek yang teramat sangat, rambutnya rontok, persendian terlihat  bengkak serta timbul sariawan di mulut. penyakit ini bukan hanya  menyerang kulit, namun juga bisa menyerang seluruh organ yang ada didalam tubuh.

Gejala-gejala penyakit dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) atau dikenal dengan penyakit lupus. Eritomatosus berarti kemerahan. Namun sistemik atau menyebar luas keseluruh organ tubuh,artinya dimaksud les atau lupus. Gejala-gejala yang umum didapati yaitu :
  • Mudah terserang masalah pencernaan serta kulit sensitif pada cahaya matahari yang hingga mudah gosong.
  •  Badan merasa lemah, serta merasa kelelahan yang terlalu berlebih yang dibarengi pegal-pegal apalagi demam
  • Pada kulit, dapat nampak ruam merah yang membentang di ke-2 pipi, serupa kupu-kupu.Terkadang dimaksud ( butterfly rash ). tetapi ruam merah menyerupai cakram dapat nampak di kulit seluruh tubuh, menonjol bahkan  terkadang terlihat  bersisik. Dengan banyaknya tanda-tanda penyakit ini, maka wanita yang menunjukkan dua atau lebih tanda ini mesti dicurigai mengidap lupus.
  • Anemia yang ditimbulkan oleh beberapa sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit lupus ini
  • Kerap alami kerontokan pada rambut.
  • Serta rendahnya trombosit
Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus Reviewed by Herry siswandi on 15.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.