}); });

Waspada tahi lalat bisa juga menjadi kanker

penyakit kanker
Waspada tahi lalat bisa juga menjadi kanker(resepcarasehat) - Tahi lalat, bawaan lahir ini dapat jadi pemanis atau ciri khas seseorang. Tengok saja aktor rano karno yang sama dengan tahi lalat di dagunya atau penyanyi ita purnamasari dengan tahi lalat di dekat matanya. Lantas, tidak heran apabila sebagian orang jadi bangga dengan tahi lalat sebagai ciri khas mereka. walau demikian, butuh diketahui bahwa tahi lalat nyatanya juga dapat jadi tandanya awal timbulnya kanker kulit.

Pada prinsipnya tahi lalat tidaklah beresiko, namun ada kemungkinan tahi lalat beralih jadi melanoma, yaitu kanker kulit yang sangat serius akibat penyebarannya yang cepat. Perihal inilah yang mendasari begitu pentingnya tahu tanda-tanda awal pergantian tahi lalat jadi melanoma.

Tanda melanoma 
Melanoma dapat nampak di seluruh sisi tubuh, namun area yang sangat kerap ditemukan yaitu di kaki, pantat, punggung, leher, kulit kepala, serta belakang telinga. Waspadai apabila tahi lalat anda alami pergantian layaknya di bawah ini :
  • Gatal serta menyakitkan.
  • Perdarahan spontan.
  • Berlangsung pergantian warna, terlebih apabila jadi gelap atau belang.
  • Membesar serta beralih wujud jadi tidak teratur terlebih di lebih kurang tepi.
  • Pergantian warna kulit lebih kurang tahi lalat.
Segera tanyakan ke dokter kulit apabila tahi lalat anda tunjukkan tanda-tanda layaknya diatas.

Tahi lalat yang berisiko

Di bawah ini sebagian tahi lalat yang berisiko semakin besar jadi kanker :
  • Tahi lalat besar bawaan lahir.
  •  Wujud tahi lalat tidak teratur serta besar. Tahi lalat type ini pusatnya berwarna coklat gelap serta terang dengan perbatasan tidak merata.
  • Jumlah tahi lalat lebih kurang 20 atau lebih.
Diagnosis melanoma 
Seseorang dengan kisah keluarga yang dulu alami melanoma pada mulanya lebih berisiko terkena penyakit ini. Dokter dapat lakukan pembedahan kecil ambil beberapa jaringan tahi lalat apabila seseorang dicurigai menderita melanoma.

Operasi 
Sistem menghilangkan tahi lalat yang kecil serta tidak beresiko dapat dikerjakan memberikan gas cair untuk membekukan atau oleskan zat yang mempunyai dampak yang sama.

Pembedahan atau operasi dapat dikerjakan untuk buang lesi yang semakin besar. Sepanjang sistem operasi pasien dapat diberikan bius lokal atau bius keseluruhan bila pengambilan tahi lalat mengonsumsi waktu yang lama. Pembedahan juga dapat dikerjakan gunakan laser tanap diberi bius dikarenakan sepanjang sistem operasi pasien cuma jadi layaknya kesemutan.

Pengambilan tahi lalat tidak mempunyai dampak samping, cuma saja pembedahan dapat meninggalkan bekas luka permanen apabila lesi cukup besar. Tahi lalat umumnya tidak tumbuh kembali sesudah diangkat.

Waspada tahi lalat bisa juga menjadi kanker Waspada tahi lalat bisa juga menjadi kanker Reviewed by Herry siswandi on 14.28 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.