}); });

Apakah Penyakit Lupus itu..Yang Merupakan Penyakit Mematikan.....

penyakit lupus

Apakah Penyakit Lupus itu ?
Penyakit lupus merupakan penyakit baru yang sangat mematikan dan efeknya sama dengan penyakit kanker. Hampir sebagian besar  pengidap penyakit ini  mengalami kematian dan tidak  dapat tertolong lagi, didunia yang terdeteksi penyakit lupus ini sekitar 5 juta orang, dan 100 ribu orang  baru terserang tiap-tiap tahunnya.



Makna kata lupus sendiri didalam bahasa aslinya yaitu bahasa latin bermakna  "anjing hutan".
Makna ini mulai dikenal lebih kurang satu abad. Awal, para pasien penyakit ini dikira punya kelainan kulit, seperti terlihat kemerahan di sekitaran hidung serta pipi.
Bercak-bercak merah di sisi muka serta lengan, panas serta rasa letih berkelanjutan,rambutnya rontok, persendian seringkali bengkak serta timbul sariawan.
Penyakit ini tidak cuma menyerang kulit, akan tetapi juga mampu menyerang nyaris seluruh organ yang ada didalam tubuh.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus


Gejala-gejala penyakit ini dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik ( LES ) dengan kata lain lupus. eritomatosus mempunyai arti kemerahan. Tetapi sistemik berarti menyebar luas keberbagai organ tubuh. maknanya dimaksud les atau lupus. Gejala-gejala yang umum ditemui merupakan :
  1. Kulit yang mudah gosong akibat cahaya matahari dan munculnya problem pencernaan
  2. Tanda-tanda biasanya pasien terasa lemah, kelelahan yang sangat berlebih, demam juga pegal- pegal. Tanda-tanda ini terlebih ditemui semasa aktif, tetapi semasa remisi (nonaktif) menghilang.
  3. Pada kulit, bakal nampak ruam merah yang membentang di kedua sisi pipi, serupa kupu-kupu. terkadang (butterfly rash). Akan tetapi ruam merah menyerupai cakram dapat dilihat di kulit seluruh tubuh, terlihat menonjol serta terkadang bersisik. lihat banyaknya tanda-tanda penyakit ini, maka wanita yang telah mengalami beberapa gejala diatas, mesti dicurigai mengidap lupus.
  4. Anemia yang dikarenakan oleh beberapa sel darah merah yang dirusak oleh penyakit lupus ini
  5. Rambut yang kerap rontok serta rasa letih yang berlebihan
Dr. rahmat gunadi dari fak. kedokteran unpad/rshs menjelaskan, penyakit lupus merupakan penyakit sistem imunitas dimana jaringan didalam tubuh dikira benda asing. Reaksi sistem imunitas dapat mengenai beragam sistem organ tubuh layaknya seperti jaringan kulit, otot, ginjal,tulang,sistem kardiovaskuler, sistem saraf,  paru-paru, susunan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, ataupun pembuluh darah serta beberapa sel darah.

Penyakit ini mampu menjangkit  penduduk, 1-5 orang pada 100. 000 masyarakat. Wanita amat sering 6-10 kali ketimbang pria, terlebih pada umur sekitar 15-40 tahun. Bangsa afrika serta asia lebih riskan ketimbang kulit putih. Serta tentunya, keluarga odapus. Munculnya penyakit ini gara-gara ada  infeksi penggunaan obat-obatan, terkena cahaya matahari, penggunaan pil kb, serta stres tuturnya.

Penyakit ini justru kebanyakan terkena wanita umur produktif hingga umur 50 tahun. Meskipun ada juga pria yang mengalaminya. Oleh sebab itu dianggap penyakit ini terkait dengan hormon estrogen.

Pada kehamilan dari wanita yang menderita lupus, kerap dianggap terkait dengan kehamilan yang mengakibatkan abortus, problem perubahan janin ataupun bayi meninggal waktu lahir.

Tubuh mempunyai kekebalan untuk menyerang penyakit. Akan tetapi, penyakit ini justru kekebalan tubuh diserang, seprti organ tubuh yang sehat. Penyakit lupus dianggap terkait dengan sistem imunologi yang berlebih. Didalam tubuh seseorang ada antibodi yang berperan menyerang sumber penyakit yang masuk didalam tubuh. uniknya, penyakit lupus ini antibodi yang terbentuk didalam tubuh nampak terlalu berlebih. akhirnya, antibodi justru menyerang beberapa sel jaringan organ tubuh yang sehat.
kelainan ini dimaksud autoimunitas. Antibodi yang terlalu berlebih ini, dapat masuk ke seluruh jaringan dengan dua langkah yakni :


  • Antibodi aneh ini dapat segera menyerang jaringan sel tubuh, layaknya pada beberapa sel darah merah yang mengakibatkan selnya bakal hancur. Inilah yang menimbulkan penderitanya kekurangan sel darah merah atau anemia.


  • Antibodi dapat bergabung dengan antigen ( zat perangsang pembentukan antibodi ), membentuk ikatan yang dimaksud kompleks imun. paduan antibodi serta antigen mengalir bersama-sama darah, hingga tersangkut di pembuluh darah kapiler yang akan menyebabkan peradangan. Akhirnya, sistem peradangan bakal berkelanjutan serta bakal menyebabkan kerusakan organ tubuh serta mengganggu fungsinya. Setelah itu, bakal nampak sebagai tanda-tanda penyakit. Bila  ini berlangsung, maka dalam waktu lama  kegunaan organ tubuh bakal terganggu.


Kesembuhan  dari penyakit ini, tampaknya susah. Pengobatan lebih difokuskan untuk menahan meluasnya penyakit serta tidak menyerang organ vital tubuh.

Baca juga : Inilah Varian Penyakit Kanker Kulit


Demikian artikel Apakah Penyakit Lupus itu..Yang Merupakan Penyakit Mematikan..... semoga menambah wawasan kita seputar penyakit lupus dan bagaimana pencegahannya.

Apakah Penyakit Lupus itu..Yang Merupakan Penyakit Mematikan..... Apakah Penyakit Lupus itu..Yang Merupakan Penyakit Mematikan..... Reviewed by Herry siswandi on 14.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.