}); });

Pengobatan Untuk Penderita Cerebral Palsy

Pengobatan Untuk Penderita Cerebral Palsy - Cerebral palsy ialah nama sekumpulan keadaan yang merubah fungsi otot serta saraf. Penyakit ini bukan bawaan, tetapi diawali dari step awal dari kehidupan yakni semenjak lahir. Ada tiga type cerebral palsy (CP) ialah spastic (sangat umum), athetoid, serta ataxic. Umumnya anak pengidap Celebral Palsy ini  bisa mempunyai kegiatan keseharian yang normal juga.

Sebagian orang yang terserang penyakit yang masih terbilang skala rendah apt hidup dengan normal. Beberapa orang mempunyai tingkat kecerdasan yang normal walau alami cacat fisik yang terbilang parah

Cerebral palsy dapat terjadi pada bayi baru lahir dengan  keadaan yang dapat terbilang ringan, sedang, atau kronis. Tanda-tandanya terlihat dari  gerakan lengan serta kaki yang abnormal, bayi susah makan, bentuk otot yang tidak bagus pada awalkelhirannya , perubahan dan perkembangan saat berjalan serta bicara yang lamban, postur badan abnormal, kejang otot, badan kaku,serta mata yang seperti marah.

Pada anak dengan cerebral palsy spastic, umumnya mempunyai otot yang menyempit, dengan gerakan yang kaku, terutama pada bagian penting pada kaki, lengan, serta punggung.

Sedang cerebral palsy athetoid ialah perubahan yang terjadi pada  semua badan hingga anak mempunyai permasalahan pada keseimbangan. Mereka mempunyai gerakan yang lamban serta tidak teratasi dan bentuk otot yang sangat buruk yang membuat mereka menjadi  susah duduk tegap serta berjalan.

Tanda-tanda CP yang terbilang campuran adalah merupakan gabungan dari  ke-2 type ini. Kadang anak dengan CP campuran  dapat mengalami  tingkat kesulitan dalam  belajar, dengar, atau lihat, bahkan keterbelakangan mental. Mungkin masih tetap ada tanda-tanda lainnya yang tidak tertera diatas. Bila ingin menanyakan mengenai lebih detail gejala ini,bisa  konsultasikan pada dokter.

Pemicu cerebral palsy ialah dikarenakan terdapatnya cedera di bagian otak yang mengatur kemampuan dalam untuk mengunakan fungsi  otot. Cerebral bermakna berhubungan dengan otak. Palsy bermakna kekurangan atau kesulitan dalam memakai otot.

Ada banyak pemicu lainnya yang dapat mengakibatkan anak mengalami cerebral palsy: 


  • Ibu yang mendapat cedera pada saat kehamilannya, atau bayi yang meng alami cedera pada saat dalam proses persalinan atau waktu kanak-kanak. 
  • Tidak memperoleh cukuplah pasokan oksigen saat atau sesudah lahir.
  • Infeksi (contohnya campak jerman) yang menyebar dari ibu ke bayi 
  • Infeksi serius pada bayi yang baru lahir. 

Baca juga : Pengobatan Cerebral Palsy 2



Komplikasi yang terjadi pada penderita Cerebal Palsy

1. Cacat kognitif atau cacat intelektual 

Diperkirakan  sepertiga sampai 1/2 dari beberapa orang yang alami cerebral palsy mempunyai cacat kognitif, atau cacat intelektual. Kecacatan ini seringkali terjadi  pada mereka yang mengalami  quadriplegia spastik, dimana beberapa anggota tubuhnya terpengaruh juga. 

Mereka yang mempunyai  kombinasi cerebral palsy ditambah dengan  epilepsi dapat  beresiko tinggi mengalami kecacatan intelektual. Ketidakmampuan dalam belajar pun jadi komplikasi orang dengan cerebral palsy. 


2. Mempunyai permasalahan dengan pendengaran serta pengelihatan 

Menurut Cerebral Palsy Foundation, diperkirakan sekitar 1 dari 10 orang dengan cerebral palsy mempunyai masalah pada penglihatan. Kemudian diperkirakan juga  1 dari 25 orang penderita cp mempunyai permasalahan pendengaran yang kronis. 

Permasalahan pada penglihatan ada  kemungkinan beresiko menjadikan  mata juling. Dimana mata juling bisa merubah potensi mata untuk tahu seberapa jauh atau dekat suatu yang sedang dilihat. 

Jika permasalahan penglihatannya hanya sebatas mata kabur, mata minus, serta silinder, penggunaan kacamata atau kontak lens berpeluang bisa mengatasi keadaan ini. 

Sedang penyakit kuning atau saat orang dengan CP alami kekurangan oksigen di otak pada saat melakukan proses persalinan,  bisa mengakibatkan masalah pendengaran parsial sampai tuli. 

3. Susah mengendalikan otot tertentu 

Komplikasi orang dengan cerebral palsy dapat mengakibat dirinya tidak dapat lagi untuk mengatur beberapa otot . Biasanya otot seperti seperti otot bibir, rahang, tenggorokan, serta lidah. 

Dimana seringkali mengakibatkan orang dengan CP tidak dapat mengendalikan air liur mereka, susah kunyah, serta susah menelan. Beberapa masalah ini sering mengganggu mereka untuk mengkonsumsi makanan sehat serta beresiko kekurangan gizi. 

Baca Juga : Tips Mencegah Resiko Penyakit Cerebral Palsy


Penyembuhan dan Pengobatan Untuk Penderita Cerebral Palsy


Cerebral palsy ialah keadaan yang tidak bisa sembuh, tetapi tanda-tanda serta cacat bisa dibantu dengan terapi fisik, teapi  okupasi, konseling psikologi, serta operasi. 

Terapi fisik menolong anak meningkatkan otot menjadi lebih kuat serta kerja dengan ketrampilan  mereka lagi seperti berjalan, duduk, serta mempertahankan keseimbangan. Alat khusus untuk membantu  seperti penyangga logam untuk kaki, atau pembebat, mungkin berguna juga buat anak. 

Terapi okupasi, anak dapat kembali  meningkatkan potensi motorik yang baik, contohnya untuk menggunakan pakaian, makan, serta menulis. 

Terapi bicara serta bahasa menolong anak sehingga berpotensi bicara. Anak serta keluarga dibantu dengan simpatisan, pendidikan tertentul, serta servis yang berkaitan. 

Baca Juga : Lebih Jauh Mengenal Penyakit Cerebral Palsy Dan Pengobatannya


Demikian artikel Pengobatan Untuk Penderita Cerebral Palsy semoga dapat membantu dalam menangani seputarpenyakit cerebral palsy








Pengobatan Untuk Penderita Cerebral Palsy Pengobatan Untuk Penderita Cerebral Palsy Reviewed by Herry siswandi on 14.50 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.