}); });

Makanan Yang Mudah Terkena Bakteri Listeria

Makanan Yang Mudah Terkena Bakteri Listeria

Makanan Yang Mudah Terkena Bakteri Listeria(resepcarasehat) | Spesies Bakteri Listeria ada di mana-mana, namun yang mengakibatkan penyakit pada manusia hanya Bakteri Listeria monocytogene. Bakteri Listeria ini umum diketemukan dalam saluran usus hewan serta manusia, serta dengan gampang mengontaminasi beragam type makanan.

Masalah Bakteri Listeria monocytogene pernah ramai sesudah mencemari apel impor merk Granny's Best serta Gala yang di produksi oleh Bidart Brothers di Bakersfield, California, Amerika Serikat. Masalah ini pernah bikin resah masyarakan Indonesia, lantaran apel-apel itu juga hingga ke Tanah Air.
(Baca juga : mencegah bahaya bakteri listeria)
Nyatanya tidak hanya apel, Bakteri Listeria monocytogene dapat juga mengontaminasi type makanan lain, terlebih makanan mentah serta terkait dekat dengan hewan, pupuk kandang, serta air yang terkontaminasi.

Ditulis dari laman Food Safety University of Nebraska Cooperative Extension, Rabu (28/1), Dibawah ini sebagian type makanan yang riskan tercemar Bakteri Listeria monocytogene :


1. Susu serta product susu yg tidak dipasteurisasi
2. Keju lunak yang terbuat yang terbuat dari susu yg tidak dipasteurisasi
3. Buah-buahan serta sayuran mentah
4. Daging serta salad siap saji
5. Hot dog
6. Makanan laut
Bakteri Listeria monocytogene tumbuh subur di suhu 30-37 derajat Celsius, namun dapat juga bertahan dengan baik di suhu rendah seperti didalam kulkas. 
Inilah yang membedakan Bakteri Listeria monocytogene dengan kerancuan bakteri yang lain.

Tetapi, infeksi Bakteri Listeria monocytogene masih tetap dapat dihindari. Makanan yang dimasak, dipanaskan serta disimpan dengan benar biasanya aman dikonsumsi lantaran bakteri ini terbunuh pada temperatur 75 derajat Celsius.
Bila Anda mau konsumsi sayur serta buah fresh, Anda mesti membersihkan sayur serta buah dengan air yang mengalir saat sebelum dikonsumsi, dipotong atau dimasak.

Untuk buah yang dikupas, Anda juga terus mesti mencucinya saat sebelum dikonsumsi.

Anda dapat juga menggosok-gosok product pertanian, seperti melon serta mentimun, dengan memakai sikat bersih saat sebelum disimpan, serta keringkan product dengan kain bersih atau kertas.

Dalam soal penyimpanan makanan, pisahkan daging mentah serta unggas dari sayuran, makanan masak, serta makanan siap-saji.

Untuk hindari kerancuan pada alat masak, Anda bisa membersihkan peralatan masak yang sudah dipakai untuk daging mentah, unggas, beberapa produk hewani saat sebelum dipakai pada product makanan yang lain. Janganlah lupa untuk bersihkan tangan memakai sabun saat sebelum memproses makanan, serta waktu bakal makan.

Demikian artikel Makanan Yang Mudah Terkena Bakteri Listeria semoga dapat membawa manfaat bagi anda

sumber : cnnindonesia|dot|com
Makanan Yang Mudah Terkena Bakteri Listeria Makanan Yang Mudah Terkena Bakteri Listeria Reviewed by Herry siswandi on 10.04 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.