}); });

Mencegah Bahaya Bakteri Listeria

Mencegah Bahaya Bakteri Listeria

Mencegah Bahaya Bakteri Listeria(resepcarasehat) | Untuk menghindari akibat terburuk dari infeksi Bakteri Listeria yang ada pada makanan, Anda pasti mesti tingkatkan kewaspadaan dalam pilih bahan makanan. Bakteri Listeria monocytogenes yang akhir-akhir ini diketemukan pada buah apel, nyatanya bukan sekedar ada pada buah apel.
Bakteri itu dapat juga mengontaminasi sayuran mentah, buah yang lain, salad, susu murni, soft cheese, daging serta product daging, unggas, sauerkraut (kubis fermentasi), serta makanan laut. Diluar itu, makanan siap saji dapat juga mengakibatkan ada keracunan yang disebabkan Bakteri Listeria ini.
Sumber penularan Bakteri Listeria monocytogene bisa terjadi dari mulai pemilihan makanan, pengolahan, sampai penyajian. Pada pemilihan makanan penularan umumnya  pada product seperti susu mentah, susu yang sistem pasteurisasinya kurang benar, keju (terlebih type keju yang dimatangkan dengan cara lunak), es cream, sayuran mentah, sosis dari daging mentah yang difermentasi, daging unggas mentah serta yang telah dimasak, seluruhnya type daging mentah, serta ikan mentah atau ikan asap.

Ketika pengolahan, penularan bisa berlangsung bila memakai alat masak yang sudah terkontaminasi Bakteri Listeria monocytogene. Bahkan juga, bayi yang lahir juga bisa segera terinfeksi bila ibunya konsumsi makanan yang terkontaminasi Bakteri Listeria itu sepanjang kehamilan.


Tetapi, Anda tidak usah cemas. Saat sebelum terinfeksi Bakteri Listeria Anda bisa lakukan usaha pencegahan agar tidak terjangkit penyakit Listeriosis

Berikut beberapa cara  Mencegah Bahaya Bakteri Listeria :


  • Makanan yang dimasak, dipanaskan serta disimpan dengan benar biasanya aman dikonsumsi lantaran Bakteri Listeria ini terbunuh pada temperatur 75 derajat Celsius.
  • Bila Anda mau konsumsi sayur serta buah fresh, Anda mesti membersihkan sayur serta buah dengan air yang mengalir saat sebelum dikonsumsi, dipotong atau dimasak.
  • Untuk buah yang dikupas, Anda juga terus mesti mencucinya saat sebelum dikonsumsi.
  • Anda dapat juga menggosok-gosok product pertanian, seperti melon serta mentimun, dengan memakai sikat bersih saat sebelum disimpan, serta keringkan product dengan kain bersih atau kertas.
  • Dalam soal penyimpanan makanan, pisahkan daging mentah serta unggas dari sayuran, makanan masak, serta makanan siap-saji.
  • Untuk hindari kerancuan pada alat masak, Anda bisa membersihkan peralatan masak yang sudah dipakai untuk daging mentah, unggas, beberapa produk hewani saat sebelum dipakai pada product makanan yang lain. 
  • Janganlah lupa  untuk bersihkan tangan memakai sabun saat sebelum memproses makanan, serta waktu bakal makan.
Demikian Artikel  Mencegah Bahaya Bakteri Listeria semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Mencegah Bahaya Bakteri Listeria Mencegah Bahaya Bakteri Listeria Reviewed by Herry siswandi on 08.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.