}); });

Sendok Makan Bagi Anak Penyakit Cerebral Palsy

Sendok Makan Bagi Anak Penyakit Cerebral Palsy(resepcarasehat) | Anak-anak pasien penyakit cerebral palsy (CP) Sering mengalami kesusahan waktu makan dengan memakai sendok. Penyakit cerebral palsy yaitu terganggunya fungsi dari  otak serta jaringan saraf yang mengatur gerakan/motorik , laju belajar, pendengaran, pandangan serta kekuatan memikirkan.

Jika memakai sendok punya orang normal dengan jenis tangkai yang lurus, anak-anak ini tentunya akan  mengalami kesusahan lantaran tak ada pojok kelengkungan serta tak ada palang penahan jari tangan. Sendok lurus susah dipakai pasien penyakit cerebral palsy yang mana mereka mengalami kekakuan pada jari tangan, terbatasnya gerak serta disefisiensi kekuatan memegang serta menggenggamnya.

Untuk menangani kesusahan itu, staf pengajar Fakultas Kedokteran (FK) Kampus Gadjah Mada (UGM), Sri Hartini, S. Kep., Ns., M. Kes dengan timnya coba meningkatkan sendok spesial untuk pasien penyakit cerebral palsy. Maksudnya mempermudah beberapa pasien penyakit cerebral palsy untuk menggerakkan tangan terlebih waktu makan.
Sendok Makan Bagi Anak Penyakit Cerebral Palsy

Menurut Hartini dalam studi pendahuluan yang dikerjakan saat sebelum lakukan riset tunjukkan seputar 30 % anak penderita penyakit cerebral palsy tak dapat memakai sendok.

 " Mereka sangat kesusahan (penderita penyakit cerebral palsy) dalam memakai sendok waktu makan, " ungkap Hartini.
Sendok makan yang dibuatnya didesain dengan pojok kelengkungan pada tangkai sendok serta dilengkapi dengan palang penahan. Konsentrasi dari inovasi ini yaitu pojok kelengkungan sendok yang disebut pojok yang dihasilkan dari pengukuran 51 anak pasien penyakit cerebral palsy.

 "Terutama jarak pada jari hingga mulut pasien penyakit cerebral palsy ketika menggerakan jari kearah mulut,"
Menurut dia jarak dari 51 anak penderita penyakit cerebral palsy itu sekitar pada 0-11 cm. Rentang jarak itu, dihasilkan pojok pada siku dalam pada 45 derajat hingga 90 derajat.
 "Dengan hasil itu, kelengkungan pada tangkai sendok serta kepala sendok yang sesuai sama yaitu 135 derajat " tuturnya.
Sendok Makan Bagi Anak Penyakit Cerebral Palsy

Terkecuali pojok kelengkungan lanjut dia, sendok juga di desain dengan palang penahan pada tangkai sendok hingga palang pada tangkai sendok bisa menahan jari tangan pasien penyakit cerebral palsy yang alami kekakuan, dan disefisiensi manfaat memegang serta menggenggam.
Panjang tangkai serta kepala sendok dan lebar kepala sendok di desain sesuaikan dengan sendok yang ada di market. Bahan sendok ini dapat aman, murah dan gampang didapat lantaran di buat dari kayu sonokeling yang tahan lama, enteng.
 " Yang utama lagi tak memiliki kandungan zat kimia, " ungkap wanita kelahiran Boyolali, 5 Maret 1976 itu.
Demikian artikel Sendok Makan Bagi Anak Penyakit Cerebral Palsy Semoga dapat menambah wawasan dan membantu anda


sumber : health|dot|detik|dot|com
Sendok Makan Bagi Anak Penyakit Cerebral Palsy Sendok Makan Bagi Anak Penyakit Cerebral Palsy Reviewed by Herry siswandi on 09.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.