}); });

Tips Mendeteksi dan Pencegahan Penyakit Kanker Serviks

Tips Mendeteksi dan Pencegahan Penyakit Kanker Serviks(resepcarasehat) - Bagaimana caranya mendeteksi bahwa seseorang wanita terinfeksi HPV yang mengakibatkan penyakit kanker serviks? (baca juga : penyakit kanker serviks mesin pembunuh bagi wanita) Tanda-tanda seorang terinfeksi HPV memanglah tak tampak serta tak gampang dilihat. Cara paling gampang untuk tahu dengan lakukan kontrol sitologis leher rahim, kontrol ini sekarang ini popular dengan nama Pap smear atau Papanicolaou smear yang di ambil dari nama dokter Yunani yang temukan cara ini yakni George N. Papanicolaou. Tetapi, ada pula beragam cara yang lain untuk deteksi awal pada infeksi HPV serta penyakit kanker serviks sebagai berikut : 

1. IVA 

IVA yakni singkatan dari Inspeksi Visual dengan Asam asetat, cara kontrol dengan mengoles serviks atau leher rahim dengan asam asetat. Lalu dilihat adakah kelainan seperti ruang berwarna putih, bila tak ada pergantian warna, jadi bisa dikira tak ada infeksi pada serviks. Anda bisa lakukan di Puskesmas dengan harga relatif murah. Ini bisa dikerjakan cuma untuk deteksi awal, bila tampak sinyal yang mencurigakan, jadi cara deteksi yang lain yang selanjutnya mesti dikerjakan. 

2. Pap Smear

Cara tes Pap smear yang umum yakni dokter memakai pengerik atau sikat untuk mengambil sedikit sampel beberapa sel serviks atau leher rahim, lalu beberapa sel itu bakal dianalisa di laboratorium. Tes itu bisa menyingkapkan adakah infeksi, radang, atau beberapa sel abnormal. Menurut laporan sedunia, dengan dengan teratur lakukan tes Pap smear sudah kurangi jumlah kematian disebabkan penyakit kanker serviks

3. Thin Prep 

Cara Thin prep lebih akurat di banding Pap smear, bila Pap smear cuma mengambil beberapa dari beberapa sel di serviks atau leher rahim, jadi Thin prep bakal mengecek semua sisi serviks atau leher rahim. Pasti akhirnya bakal tambah lebih akurat serta pas. 

4. Kolposkopi 

Bila seluruhnya hasil tes pada cara pada awal mulanya tunjukkan ada infeksi atau kejanggalan, prosedur kolposkopi bakal dikerjakan dengan memakai alat yang dilengkapi lensa pembesar untuk mencermati sisi yang terinfeksi. Maksudnya adalah untuk memastikan adakah lesi atau jaringan yg tidak normal pada serviks atau leher rahim, kika ada yg tidak normal, biopsy pengambilan beberapa kecil jaringan dari badan dikerjakan serta penyembuhan untuk penyakit kanker serviks selekasnya diawali. 

Bila terinfeksi HPV, janganlah kuatir, lantaran sekarang ini ada beragam cara penyembuhan yang bisa mengatur infeksi HPV. Sebagian penyembuhan mempunyai tujuan mematikan beberapa sel yang memiliki kandungan virus HPV, cara yang lain yaitu dengan singkirkan sisi yang rusak atau terinfeksi dengan pembedahan listrik, pembedahan laser, atau cryosurgery (buang jaringan abnormal dengan pembekuan). 

Bila penyakit kanker serviks telah tiba ke stadium lanjut, jadi bakal dikerjakan therapy kemoterapi. Pada sebagian masalah yang kronis mungkin saja juga dikerjakan histerektomi yakni operasi pengangkatan rahim atau kandungan dengan cara keseluruhan, maksudnya adalah untuk buang beberapa sel penyakit kanker serviks yang telah berkembang pada badan. 

Menghindar penyakit kanker serviks 

Walau penyakit  kanker serviks menakutkan, tetapi kita seluruhnya dapat menghindarnya. Anda bisa lakukan banyak aksi pencegahan saat sebelum terinfeksi HPV serta pada akhirnya  menderita penyakit kanker serviks. Cara-cara praktis yang bisa Anda kerjakan dalam kehidupan keseharian diantaranya : 

1. Punyai pola makan sehat, yang kaya dengan sayuran, buah serta sereal untuk merangsang system kekebalan badan. Umpamanya konsumsi beragam karotena, vitamin A, C, serta E, serta asam folat bisa kurangi resiko terserang kanker leher rahim. 

2. Jauhi merokok, banyak bukti tunjukkan pemakaian tembakau bisa tingkatkan resiko terserang kanker serviks. 

3. Jauhi sex saat sebelum menikah atau di umur sangatlah muda atau belasan tahun.

4. Jauhi terkait sex sepanjang masa haid dapat dibuktikan efisien untuk menghindar serta menghalangi terbentuknya serta berkembangnya penyakit kanker serviks. 

5. Jauhi terkait sex dengan adanya banyak partner.

6. Dengan cara teratur melakukan tes Pap smear dengan teratur, sekarang ini tes Pap smear bahkan juga telah dapat dikerjakan di tingkat Puskesmas dengan harga terjangkau. 

7. Alternatif tes Pap smear yakni tes IVA dengan cost yang lebih murah dari Pap smear, maksudnya adalah untuk deteksi awal pada infeksi HPV. 

8. Pemberian vaksin atau vaksinasi HPV untuk menghindar terinfeksi HPV

9. Lakukan pembersihan organ intim atau di kenal dengan arti vagina toilet, ini bisa dikerjakan sendiri atau bisa dengan juga pertolongan dokter pakar. Maksudnya adalah untuk bersihkan organ intim wanita dari kotoran serta penyakit. 


Penyakit kanker serviks dapat dihindari serta dapat diobati, deteksi mulai sejak awal serta teratur lakukan Pap smear bakal mengecilkan resiko terserang kanker serviks. Ganti pola hidup Anda serta pola makan Anda supaya terlepas dari penyakit yang membunuh beberapa wanita didunia ini, dengan hal tersebut, jadi kesehatan serviks atau leher rahim lebih terjamin. Dengan perlakuan yang pas, penyakit kanker serviks tidaklah suatu hal yang menakutkan.
Tips Mendeteksi dan Pencegahan Penyakit Kanker Serviks Tips Mendeteksi dan Pencegahan Penyakit Kanker Serviks Reviewed by Herry siswandi on 16.53 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.