}); });

Macam-macam Penyakit Hati

penyakit jantung

Macam-macam Penyakit Hati- Hati (liver) adalah organ terbesar didalam tubuh manusia. didalam hati berlangsung proses-proses pentinguntuk kehidupan kita, yakni sistem penyimpanan energi,pembentukan protein serta asam empedu, pengaturan metabolisme kolesterol, serta penetralan racun/obat yang masuk didalam tubuh kita. hingga bisa kita pikirkan akibat yang dapat timbul jika berlangsung rusaknya pada hati.

Beberapa Penyakit Hati 


  • Penyakit hati dikarenakan infeksi (contohnya hepatitis virus) yakni ditularkan melewati makanan & minuman yang terkontaminasi, suntikan, tato, tusukan jarum yang terkontaminasi, aktivitas seksual, dan lain-lain.

  • Penyakit hati dikarenakan racun (contohnya dikarenakan alkohol atau obat-obatan khusus). Alkohol berbentuk toksik pada hati. Adanya penimbunan obat didalam hati (layaknya acetaminophen) ataupun masalah pada metabolisme obat bisa mengakibatkan penyakit pada hati.

  • Genetik atau keturunan ( contohnya hemochromatosis )


  • masalah imun (contohnya hepatitis autoimun). Penyakit autoimun adalah penyakit yang diakibatkan dikarenakan ada perlawanan pada jaringan tubuh sendiri. pada hepatitis autoimun biasanya yang dilawan yaitu beberapa sel hati, hingga berlangsung peradangan yang kritis.


  • Kanker ( contohnya hepatocellular carcinoma ). Kanker hati bisa dikarenakan oleh senyawa karsinogenik salah satunya aflatoxin, polyvinyl chloride ( bahan pembuatan plastik ), virus, dan lain-lain. aflatoxin adalah racun yang diproduksi oleh aspergillus flavus serta bisa mengkontamisani makanan , layaknya kacang-kacangan, padi & singkong terlebih pada tempat tropis. hepatitis b serta c ataupun sirosis hati bisa berkembang jadi kanker hati.

Baca juga: Macam-macam Penyakit Hati

Sebagian penyakit hati yang umum serta kontrol laboratorium untuk mendeteksi :

Hepatitis

Hepatitis yaitu peradangan pada beberapa sel hati. Virus adalah penyebab utama  hepatitis yang sangat sering terjadi, terlebih virus hepatitis a, b, c, d serta e.
Biasanya pasien hepatitis a & e bisa pulih, sebaliknya hepatitis b & c bisa jadi kritis.
Virus hepatitis d cuma bisa menyerang pasien yang sudah terinfeksi virus hepatitis b serta bisa jadi parah.

kontrol laboratorium dibutuhkan untuk meyakinkan diagnosis hepatitis dikarenakan pasien hepatitis kerap tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda yang khusus.

Sirosis Hati 

Yaitu kondisi penyakit yang telah lanjut di mana fungsi dari  hati telah amat terganggu akibat banyaknya jaringan ikat didalam hati.

sirosis hati bisa berlangsung dikarenakan virus hepatitis b serta c yang berkepanjangan, dikarenakan alkohol, salah gizi, atau dikarenakan penyakit lain yang mengakibatkan sumbatan saluran empedu. Sirosis tidak bisa sembuh, penyembuhan hanya untuk menyembuhkan komplikasi yang berlangsung ( layaknya muntah serta berak darah, asites/perut membesar, mata kuning dan koma hepatikum ).

Kanker Hati

Kanker hati berlangsung jika sel kanker berkembang pada jaringan hati. Kanker hati yang banyak berlangsung yaitu hepatocellular carcinoma (HCC). Hcc adalah komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kritis, terlebih sirosis yang berlangsung dikarenakan virus hepatitis b, c serta hemochromatosis.

Perlemakan Hati

Perlemakan hati berlangsung apabila penimbunan lemak melebihi 5 persen dari berat hati atau mengenai sekitar lebih separuh jaringan sel hati. perlemakan hati ini kerap punya potensi jadi penyebab rusaknya hati serta sirosis hati. Kelainan ini bisa timbul dikarenakan mengkonsumsi alkohol berlebih dimaksud ash ( alcoholic steatohepatitis ), ataupun bukan hanya dikarenakan alkohol dimaksud nash ( nonalcoholic steatohepatitis ).

Kolestasis Serta Jaundice

Kolestasis adalah situasi akibat kegagalan menghasilkan serta /atau pengeluaran empedu. lamanya menderita kolestasis bisa mengakibatkan gagalnya penyerapan lemak serta vit. a, d, e, k oleh usus, juga ada penumpukan asam empedu, bilirubin serta kolesterol di hati.

ada berlebihan bilirubin didalam sirkulasi darah serta penumpukan pigmen empedu pada kulit, membran mukosa serta bola mata dimaksud jaundice. pada situasi ini kulit pasien tampak kuning, warna urin jadi lebih gelap, namun faeces lebih terang.

Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah kelainan metabolisme besi yang ditandai karenanya ada pengendapan besi terlalu berlebih didalam jaringan. penyakit ini berbentuk genetik/keturunan.

Baca juga: Pengobatan Tradisional Penyakit Kanker


Demikian artikel tentang Macam-macam Penyakit Hati semoga dapat menambah wawasan kita dan dapat mengetahui bagaimana penyembuhan dan pencegahannya

Macam-macam Penyakit Hati Macam-macam Penyakit Hati Reviewed by Herry siswandi on 08.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.