}); });

Penyebab Penyakit Kelenjar Tiroid

Penyebab Penyakit Kelenjar Tiroid

Penyebab Penyakit Kelenjar Tiroid -Kelenjar Tiroid yaitu kelenjar berupa seperti kupu-kupu di leher sisi depan yang bertanggungjawab untuk membuahkan hormon tiroksin serta tri-iodothyronine. Ke-2 hormon itu berperan mengatur metabolisme badan.

Bila kelenjar tiroid jadi membesar, keadaan ini di kenal juga sebagai “goiter” (gondok). Ada gondok bukan sekedar tunjukkan bahwa kelenjar tiroid tak berperan dengan benar, tetapi dapat juga tunjukkan permasalahan kesehatan yang lebih serius, umpamanya masalah tiroid atau bahkan juga kanker.

Pembesaran tiroid dapat menyebabkan rasa nyeri atau ketidaknyamanan. Pembesaran tiroid bisa mengakibatkan pergantian pada kualitas suara, menghambat jalan napas, serta dapat mengakibatkan tersedak makanan atau cairan.

Baca Juga : bahaya penyakit kelenjar tiroid

Akan dijelaskan  disini sebagian permasalahan kesehatan yang dapat mengakibatkan kelenjar tiroid jadi membesar :

1. Penyakit Graves

Penyakit Graves yaitu bentuk hipertiroidisme dengan komponen autoimun. Antibodi dalam system kekebalan badan salah lihat tiroid juga sebagai “musuh” serta memperlancar serangan.

Hal semacam ini mengakibatkan kelenjar jadi terstimulasi terlalu berlebih hingga menghasilkan hormon tiroid yang terlalu berlebih. Selanjutnya kelenjar jadi lebih buruk serta gondok bakal terbentuk.

2. Penyakit Hashimoto

Seperti penyakit Graves, penyakit Hashimoto juga adalah masalah autoimun. Tetapi, tidak menghasilkan tiroid berlebihan, keadaan ini menyebabkan hipotiroidisme atau mengakibatkan kelenjar tiroid tak membuahkan jumlah hormon yang cukup.
Walau demikian, kelenjar pituitari selalu kirim thyroid-stimulating hormone (TSH) pada tiroid, hingga jadi memperburuk keadaan kelenjar tiroid serta mengakibatkannya alami pembesaran.

3. Thyroid Nodules & Solitary Nodules (Nodul Tiroid)

Pembesaran kelenjar tiroid dapat membuahkan multiple nodul padat atau nodul yang diisi cairan yang tumbuh di ke-2 lobus tiroid atau nodul tunggal yang tumbuh cuma pada satu segi tiroid.

Pada umumnya masalah, nodul-nodul ini jinak serta tak mempunyai potensi untuk berkembang jadi kanker.

4. Kanker Tiroid

Kanker tiroid lebih tidak sering berlangsung dibanding nodul tiroid. Type pembesarannya umumnya berlangsung cuma pada satu segi dari kelenjar tiroid.

5. Tiroiditis

Tiroiditis yaitu peradangan kelenjar tiroid yang dapat dikarenakan oleh keadaan kesehatan atau kadang-kadang sesudah  kehamilan. Sebagian bentuk tiroiditis dikarenakan oleh infeksi bakteri, tetapi ini sangatlah tidak sering terjadi.

Walau tiroiditis dapat berlangsung lantaran hubungan dengan penyakit Hashimoto serta penyakit Graves, tetapi biasanya cuma terjadi sesaat.

6. Kekurangan Yodium

Bahan bakar yang dibutuhkan kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon yaitu yodium. Lantaran yodium telah ditambahkan pada garam meja serta makanan yang lain, orang-orang yang tinggal di negara maju nyaris tak pernah alami pembesaran tiroid lantaran kekurangan yodium.

Gondok seringkali berlangsung pada orang-orang di negara-negara berkembang di mana akses pada makanan kaya yodium serta garam laut masih tetap terbatas

Demikian artikel Penyebab Penyakit Kelenjar Tiroid semoga dapat membantu dan menambah wawasan tentang penyakit kelenjar tiroid
Penyebab Penyakit Kelenjar Tiroid Penyebab Penyakit Kelenjar Tiroid Reviewed by Herry siswandi on 13.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.